SD nya Nyeker, Gedenya Programer

19 10 2008

Lanjut dari cerita nasi thiwul, kini aku sudah duduk di ruangan CAD/CAM. Tiap hari bikin gambar karena sekarang sudah menjadi seorang tukang gambar walau belum jago. Enjoy banget apalagi di komputerku ada speakernya jadi bisa dengerin music sambil kerja. Mau ngopi tinggal muter kursi kebelakang karena di belakang saya ada ruang istirahat. Bisa ngopi, soft drink, atau camilan yang ada di kulkas. Komplit pokoknya. Hm… lagi lagi ingat nasi thiwul, coba kalau di kulkas ada.

Waktu bermetamorfosis ke CAD/CAM ada sebuah surat yang harus saya tandatangani. Surat itu adalah surat pernyataan bahwa saya akan di didik dan di kembangkan ilmu CAD/CAM nya di perusahaan ini dan saya bersedia bekerja di perusahaan ini terus. Perusahaan perlu mengikat saya secara tertulis karena senior-senior saya banyak yang pindah ke perusahaan lain karena gaji yang lebih tinggi. Bisa di bilang di bajak pabrik lain. Dan itu sangat sering terjadi karena untuk tenaga drafter sole saya kira belum ada sekolah di Indonesia yang memiliki lulusan (drafter sole). Didikan seperti ini hanya di dapat dari PT NIKOMAS, pabrik sepatu terkemuka yang ada di Serang Banten sana, dan seleksi untuk bisa di didikpun suangat ketat. Senior-seniorku sekarangpun semua bajakan dari sana.

Tak peduli surat apapun yang harus aku tandatanganiyang pasti aku sangat menikmati kerjaanku di sini, di PT Korin Tekhnomic Tangerang. Dengan belajar dari yang tercepat aku juga menjadi cepat, tapi dengan memodifikasi cara dan lebih mengoptimalkan cara-caranya juga aku jadi yang paling cepat dan tepat. Hm.. mungkin ini murid durhaka, menyalip kecepatan gurunya. Yang pasti senior-seniorku senang sekali aku bisa membantu mereka lebih banyak dan mereka punya waktu ngopi lebih banyak juga. Tapi yang masih sering mengganggu pikiranku adalah para Programer.

Programer satu tingkat di atas Drafter. Kalau drafter atau tukang gambar hanya bikin gambar 2 dimensi kalau programmer mewujudkan gambar dari para drafter ke bentuk 3 dimnsi. Level cerdasnya mungkin udah menenbus langit. Program yang banyak digunakan Rhinoceros, Powermill, Camand, dan Unigraphics. Entah kenapa hal serumit itu juga aku pingin kuasai. Tapi keinginan itu sangat besar, kadang aku belajar ketika jam istirahat atau pulang kerja main ke rumah temen programmer yang punya computer di rumahnya. Dengan modal sesisir pisang atau sekilo apel ia akan dengan senang hati mengajari. Dan begitu dasarnya dapat pengembanganya akan aku lakukan sendiri dengan lebih cepat.

Begitu bisa aku suka menawarkan bantuan ke programmer kalau kerjaan gambar lagi kosong. Tentu saja mereka sangat senang karena tinggal mentransfer kerjaanya ke komputerku terus mereka ngopi atau ke kantin. Setelah selesai aku serahkan kerjaan pada mereka, tinggal cek sana sini, tambahin kalau ada yang kurang, langsung program di transfer untuk menjalankan mesin CNC. Setelah mondar mandir 2D-3D ternyata saya lebih senang kerja sebagai programmer. Tantanganya lebih waw, juga gengsinya mantab, bisa tambah petentang-petenteng. Bisa cerita ke semua teman alumni STM BK nih.

Ternyata manager CAD/CAM (orang Korea) tau kalau aku juga bisa 3D. Ia juga tau kalau selama ini aku sering membantu kerjaan programmer dan hasilnya bisa dibilang bagus untuk seorang pemula. Maka aku mau di transfer lagi ke bagian 3D. tapi mandor 2D ku sayangnya gak mengijinkan. Karena dari segi tenaga 2D memang kurang orang. Maka aku gak boleh di goyang kemana-mana. Ada sebel juga denger keputusan begini. Kayaknya kurang adil, kok aku kurang sreg. Apalagi mulai ada tawaran dari perusahaan-perusahaan lain. Dan surat yang aku tandatangani itu. Ya Allah engkau Maha Tahu semua jalan keluar dari masalah ini. Dan gedubrakkk…… jalan keluar datang dari tempat yang tak di sangka-sangka. Walau sekolah nyeker, sekarang jadi programmer.


Aksi

Information

16 responses

5 05 2009
astagfirloh

alumni stm bk jg yaa….ya lam knal dr casper japan.

10 07 2009
andriw4hyono

salam kenal juga dari Cengkareng, ini Budi di Japan kan…. sukses selalu ya Bud….

8 05 2009
bambang.w

Andri,salam kenal dari kakak kelasmu STM pinggir kuburan…semoga sukses selalu.
Masih inget di tahun 90an,sewaktu jadi murid baru di STM ini,di ceburin ke sungai limbah pabrik tahu belakang sekolahan ama kakak kelas saya…he..he..he..

10 07 2009
andriw4hyono

salam kenal juga Mas Bambang, saya malah pernah suruh gotong sepeda di lapangan tengah Mas, gara gara mau bolos lompatin tembok kuburan ketangkep…he..he…

24 06 2009
wahono

Salam kenal,

Ada kenalan temen2 alumni 93 gak yah ?
dulu aku juga di STM BK

Terimakasih.

10 07 2009
andriw4hyono

aku malah kumpul karo konco2 smik Mas Wahono, gak ono cah STM….

22 07 2009
wahono

Salam aja Mas.., dulu aku pernah di SMIK beberapa bulan terus pindah STM BK alumni 93 & Alumni Informatika UII, skrg di Bakrie Telecom Tbk (Esia) Jakarta.

Kadang kangen pingin maen ke pacitan sudah kurang lebih 16 tahun mas.., jadi kalau pulang kampung ke Palembang..

Salam yah sama2 guru STM BK kalau pulang dan sempat mampir.

22 07 2009
andriw4hyono

Wah pasti sukses iki ono Bakrie Telkom…. ojo lali di endang-endangi Mas Kampunge… ora kangen karo Teleng Ria po, segho tiwule plus layur goreng…

22 07 2009
wahono

Kangen banget Mas sama sego thiwul plus layur goreng heheh jadi laper nech..

Sebenarnya aku kelahiran palembang cuma Alm Kakek aku asli pacitan, makanya aku tamat smp pingin sekolah ditanah leluhur aku heheh..

Dulu di Pacitan aku tinggal di Pon-Pes Al-Anwar Ploso Pacitan.., kalo kangen aku sering browsing2 tentang pacitan, sering mimpi pacitan lagi heheh…

Tapi sampai skrg belum kesampaian endangi kampung ke 2 ku, pacitan indah, ramah dan baik2 penduduknya..,

Utk temen2 STM BK Pacitan yg mau kirim e-mail utk silaturahmike : wahono@bakrietelecom.com

Terimakasih banyak yah.., sudah sedikit mengobati kangenku ketemu lare pacitan..

24 07 2009
andriw4hyono

Kalau ada facebook monggo di add:
http://www.facebook.com/andri.wahyono
rencang2 Pacitan, rencang STM Banyak Mas Wahono…

7 08 2009
Tri Budi Hastuti

wah…dulu stm bk ya…lam kenal deh..
apa kabare nih pacitan lama ga mudik. dulu tahun 96 kita2 nih cewek2 smea pgri paling suka kalau godain anak BK, caper gitu deh….

18 02 2010
info4lifetransferfactorindonesia

Tinggal selangkah lagi untuk menjadi pebisnis pak, sukses ya.

25 04 2010
adi kepet

ass,,slm knl kbeh,aq almn’02..dmsli jkt..po ono pgypane

28 08 2010
ferry widianto

pacitan kta yg indah dan q pun bangga bsa terlahir d pacitan,sungguh alam yg mengaggumkan penduduknya sangat ramah,,smoga bsa kembali ksna

30 01 2011
rudik

Wow. salam kenal…kayane kenal ya hehehe…kenal gak ya. Mas Andri kabar baik ya… Wah salut ama Mas Andri…semoga tambah sukses selalu…mohon diajarin autoCAD biar canggih ya…🙂

12 04 2011
Andy Saja

mau tanya…ni tentang blog…
knapa blog saya tidak ketemu saat dicari di search engine??
tolong beri pencerahannya.he3😛

Tinggalkan Balasan

