Kecil sego thiwul, Besar jago Gambar

19 10 2008

Setelah CNC bias aku jalankan, aku merasa apapun yang bisa orang lakukan akupun bisa melakukan juga. Tidak peduli serumit dan sesusah apapun itu. Sekarang pikiranku selalu ingin lebih. Mungkin apa yang pernah orang bijak katakan benar. Manusia tidak akan pernah bisa lebih besar dari impianya, kecuali orang yang selalu memimpikan hal-hal yang kecil. Dengan kata lain ketika orang sudah mencapai apa yang di impikan ia akan memimpikan sesuatu yang lebih besar. Mungkin pikiranku termasuk dalam kelompok tersebut, karena aku menginginkan satu hal lagi, jago gambar.

Pikiranku sama sekali gak tenang setelah mengenal ruang CAD/CAM. Ruangan dimana para jago gambar dan jago programmer bercengkrama dengan computer mereka masing masing. Sekilas ruanganya sangat exclusive dan special. Perlu ijin khusus untuk masuk dan orang orang di situ terkenal punya kecerdasan selangit. Dihormati siapa saja dan di gandrungi para cewe. Wuih kayanya asik buanget kalau aku jadi salah satu penghuni ruangan tersebut. Gak peduli siapapun mereka yang pasti aku sangat ingin belajar jadi jago gambar. Bahkan aku ingin lebih hebat dari mereka.

Dengan computer pendamping mesin CNC aku belajar sebisanya tentang program gambar yang di pakai teman-temanku di ruang CAD/CAM. Program itu bernama Cadkey. Fungsinya sama dengan AutoCad Cuma untuk menggambar sole sepatu atau sole sandal, Cadkey lebih cepat. Menunya praktis dan bagiku untuk menggambar apa saja jadi deh. Sayangnya di Indonesia sangat susah cari software tersebut. Buku buku paduanyapun gak ada di took buku. Cara tercepat belajar lebih cepat Cadkey ini adalah dari jago Cadkey yang terbaik. Walaupun masih kerja di CNC tapi aku selalu masuk di komunitas CAD/CAM, terutama waktu makan siang. Kita bisa ngobrol di kantin sepanjang waktu istirahat. Memang di tengah para jenius aku seperti kambing congek, tapi mana urus. Pikiranku sudah bulat, ingin bisa. Walaupun di dekat mereka aku hanya diem, tersenyum, manggut-manggut, kadang juga ngakak.

Sedikit banyak ilmu mereka bisa aku download tanpa mereka tau. Tinggal saya dalami sendiri dan kembangkan sendiri. Karena pikiranku yang terus menerus di isi Cadkey, kemana-mana Cadkey, makan Cadkey, mandi Cadkey, bahkan buang air besarpun Cadkey. Dengan kemauan dan semangat yang meledak-ledak untuk bisa, Alkhamdulillah program dasarnya bisa aku kuasai nggak sampai 1 bulan, walaupun tidak belajar penuh waktu. Karena hanya sampingan sambil kerja di CNC. Setelah menguasai dasarnya tinggal menerapkanya pada kerjaan. Maju terus pantang mundur, pantang menyerah.

Dengan kesungguhan dan keyakinan juga kemampuan meyakinkan manager CAD/CAM akhirnya aku bermetamorfosis lagi ke bagian CAD/CAM. Selamat tinggal untuk masin CNC ku tersayang. Uku ingin membuktikan diriku bisa. Aku ingin membuktikan anak yang besar dengan sego thiwul ini bisa jadi jago gambar juga. Memang dalam bulan pertama, pusingnya kerjaan bisa bikin gak bisa tidur berminggu-minggu. Lagi lagi mana urus, niat hati pingin bisa dan pingin jago, pasti banyak persoalan yang harus di pecahkan. Tapi dengan focus dan tetap semangat rasanya seperti menelan seekor kambing tapi nelanya per-tusuk. Enak juga kenyang. Sayangnya satu hal, jadi petentang-petenteng. Sok gaya. Tapi masih punya mimpi satu lagi jago programmer.

Sedikit menyimpulkan dari sekian waktu perjalanan melintasi zona waktu, ternyata kita bisa meraih apapun yang kita kejar, apapunyang kita ingin dapatkan dan apapun yang kita cita citakan. Tapi satu syarat yang paling penting yaitu sikap pantang menyerah. Sangat tidak sedikit masalah ketika kita mau berubah. Sangat banyak batu sandungan yang bisa bikin kita menyerah, yang paling parah adalah komentar teman-teman sendiri yang begitu meragukan kita. Selain nggak ingin kita maju, mungkin mereka ingin kita seperti mereka, menemani mereka nggak pernah melangkah kemana-mana. Yang pasti dalam segala hal kita berhak memilih dengan mengesampingkan konsekwensi dari pilihan tersebut. Lanjut, Nasi thiwul pantang mundur….!


Aksi

Information

2 responses

25 01 2009
faiz

Mas Thiwul yang saya kagumi.Saya kagum dan sangat terinspirasi dengan sejarah mas thiwul yang sangat berkesan.Sejujurnya saya juga merasakan keinginan yang sama,tp saya bingung harus memulai dari mana.Kebetulan saya bekerja d perusahaan mold macker dan nyambi kulia jurusan teknik mesin.Maaf sebelumnya kalau kata-kata saya yang kurang sopan,sekali lg saya kagum dngn semua perjuangan mas dan saya ucapkan selamat SUKSES SELALU.

25 01 2009
andriw4hyono

Mas Faiz yang baik, dulu saya juga merasakan hal yang sama. Bingung mau memulai dari mana. Tapi kemauan saya untuk bisa kuat sekali dan saya yakin, dengan pertolongan Allah, segala hal adalah mungkin. maka jalan menuju harapan akan terbuka, dan saya merasa setiap hari dalam hidup, saya berjalan menuju cita-cita yang saya impikan. JANGAN PERNAH MENYERAH Mas Faiz, SUKSES SELALU untuk ANDA.

Tinggalkan Balasan

