SMK Bina Karya Pacitan

7 10 2008

Di sebuah hari yang begitu membahagiakan saat itu, aku tertawa-tawa bersama temanku Agus Nurdiansyah dari Dadapan. Betapa tidak, kami berdua berhasil menyelinap keluar sekolah tanpa diketahui oleh siapapun. Walaupun harus menggotong sepeda jengki ku melompati pagar 1,5m, kecil. Seperti tuyul menemukan kepiting kami bersuka cita mengayuh sepeda ke dekat SMK PGRI 1 Pacitan main Play Station. Waktu itu saya merasa itulah kebahagiaan hidup. Maka hatiku berkata kalau sudah bias mencari uang nanti hal pertama yang akan aku beli adalah Play Station dan TV yang buesar.

Saya di sekolah belajar menjadi mekanik umum tentang operator mesin mesin industry, otomotif, kelistrikan, dan banyak lagi hal teknik yang lumayan memusingkan. Dari 3 tahun belajar di SMK Bina Karya mungkin Cuma 2 hal ini yang paling saya inget “mesin bubut dan mesin fris ada yang sangat canggih, semua program menggunakan computer, kita masukan sebatang besi keluar udah jadi apa yang kita mau dan gaji operator mesin CNC ini sangat besar”. Guru saya ada yang pernah ngomong seperti itu dan itu terngiang terus dalam telingaku “gaji sangat besar”. Dan tanpa sengaja hatiku berkata juga saya ingin jadi operator CNC, walaupun saya belum pernah lihat mesinya seperti apa juga kenapa bisa secanggih itu gak ada yang bisa menerangkan secara jelas.

Satu lagi Guru gambar saya pernah bilang, “gaji tukang gambar itu buesar”. Dan saya yakin beliau sungguh sungguh karena sebelum jadi guru beliau pernah bekerja di sebuah perusahaan besar di Surabaya sebagai tukang gambar. Kerja jadi tukang gambar itu enak, tempatnya bersih, nyaman, keren, kalau keluar kantor kayaknya semua cewek pada ngajakin kenalan karena udah terkenal orang gambar mempunyai otak yang cerdas. Dan beliau dapat istri yang begitu cantik juga dari perusahaan itu. Waw pikiranku mulai muter muter gak jelas, Cewe cantik? Keren? Gaji gede? Lagi lagi hatiku berkata saya mau jadi tukang gambar.

Hal lain yang paling saya ingat adalah setiap hari aku bersepeda kira-kira 13km PP dari rumah di Purworejo sampai ke SMK Bina Karya, belum lagi kalau mampir ke teman-teman atau main ke pantai, yang pasti jarak yang ku tempuh makin jauh lagi. Hebatnya, setiap aku males naik sepeda aku akan naik angkot dan setiap naik angkot aku pasti terlambat. Jalan jongkok keliling lapangan tengah adalah langgananku, melewati depan kelas kelas lain dan tidak bias di hindari kecuat kecuit dari dalam kelas. Padahal setiap aku mau naik angkot aku selalu berdo’a semoga tidak terlambat. Setiap aku berdoa malah selalu yang dikabulkan malah terlambatnya. Dari pada jalan jongkok mending bawa sepeda, palan tapi pasti. Setiap memarkir sepeda, iri juga pada teman teman yang hampir 90% pakai motor. Minimal ini lebih mudah di bawa melompati tembok waktu bolos, hiburku. Tetapi kesenangan terasa lebih kalau punya motor dan kelak aku akan punya motor hasil kerjaku sendiri, bukan minta orang tua. Shogun.

Tetanggaku yang sekolah di SMK BK dan keluar kerja bangunan akan jadi buah bibir semua orang. Dan itu di anggap buruk, kerja tinggi-tinggi Cuma kerja bangunan. Maka aku bertekat setelah lulus nanti aku tidak akan kerja bangunan. Tidak akan.

Semua itu terjadi kira-kira tahun 2001-2003. Sekarang sudah hampir 2009. Ketika aku sedikit menengok kebelakang dan sedikit evaluasi tentang semua yang terjadi, hatiku tersenyum lebar juga wajahku. Semua terjadi adanya, dan saat kelulusan aku menduduki 3 besar untuk seluruh kelas. Bersambung….


Aksi

Information

29 responses

20 10 2008
yonny

Koyo yuyu nemu kepiting? nemu endok nkali… ha..ha..
lam kenal yo mas, eh aku punya teman satu kelas di smp 1 dulu, namanya Ismu dan Supriyadi alumni th 83, kenal?

20 10 2008
andriw4hyono

Salam kenal juga Mas Yonny. koncone sampean Mas Ismu lan Mas Supriyadi aku gak kenal, Lha aku kan lulusan taun 2002.

28 10 2008
Yonny

Eh, lupa nih, Ismu alumni SMA PGRI, Supri Alumne SPG. Masing2 lulus SLTA th 96. Semua asli Purworejo, yen gak salah dari pra4an nyegatan, di sebelah kanan, atas jalan. Mungkin dia angkatan ommu mas andri…

1 11 2008
ENDRO MULYONO

di mana kabar smk bina karya aku lama tak kesitu

1 11 2008
andriw4hyono

Mas Yonny, kalau Mas Supri Guru, beliau sekarang jadi tetanggaku, kalau mas Ismu belum ketemu juga nih aku inget inget, mungkin belum kenal,.

Mas Endro. SMK Bina Karya sekarang tambah maju aja, itu dari bangunanya yang saya lihat kalau mudik ke Pacitan. mungkin fasilitas siswanya juga makin komplit. kalau pulang ke pacitan saya juga cuma lewat, gak sempet mampir Mas Endro.

23 04 2011
amat safiin

pie kabare aku amat iseh eleng po ora,cah candi

7 01 2009
qnens

alumni taon 2002 maz..
sama dunk aq jg..smpyan mesin perkakas yaw kelas apah?
klu aku klas Ma dulu,.kok aq gak inget yaw ma smpyan..

8 01 2009
andriw4hyono

lha…. aku jg klas MA lho,,, sak angkatan karo aji, solithi, pt, casper…..

5 05 2009
eko rias

maju terus BK….
bagi temen2 yang mau daftar taruna POLRI topun TNI persiapan segalanya, awas penipuan

31 05 2009
hadi

wah lam kenal y mazz.. kira-kira ya seperti itulah sekolah di stm bk….saya angkatan 2002-2005..

17 10 2009
nanang setiawan

Alhamdulillah kalian sudah pada sukese. Nah… kira” apa yang dapat kalian lakukan untuk SMK BK. Biar anak-anak Pacitan juga canggih main komputer spt kalian, SMK BK kini membuka jurusan baru Tek. Komputer dan Jaringan. Nah….karena jurusan baru maka peralatannya masih minim. Bisa ga’ kalian membantu SMK BK dengan menyediakan beberapa fasilitas untuk jurusan baru. Oke… kami tunggu kabarnya..

21 10 2009
RENGGO,SW

AKU ALUMNI STM BK TAHUN 81,AKU PENGEN KONTEK2 KARO KONCO-CONCOKU SEANGKATANKU KABEH…HIDUP DAN MAJU TERUS STM BK

26 01 2011
miftah

konco kabeh koe saiki do neng endi aku boradi jegul jek do eling to yen do eling ayo REONI do cerita do nggambleh

16 01 2010
dedy

bina karya. kan slalu ax kenang, byak knagan yg tak trlupakan,, stm bina karya hrus bisa sperti namaya”BINA KARYA” bgunlah bemuda, karyakan hidupmu, dengan karya “TEKNIK”

17 01 2010
dedy

ax alumni STM BINA KARYA 08, MAJU TRUS STM BK,

9 06 2010
supri

Angkatan 99 (Bangunan)
Siapa ya yg masih ingat aq
soeprieadie@yahoo.co.id

4 11 2010
SUGIYONO

Aku Alumni STK BINA KARYA PACITAN Lulus tahun 1999, Gmn kabra konco2 ku kabeh

30 09 2010
ranu

weeeeeeeeee,shcool gue terkenal kaaaaaaaaaan,

2 10 2010
ary

om bantuin nyari gawe donk om,aq alumni bk angkatan 2009…

25 10 2010
alif suprianto

makin maju SMK BK moga menjadi sekolah yang mempunyai SBI ok

25 10 2010
alif suprianto

Maju terus SMK BK moga menjadi sekolah unggulan dikota pacitan. Dan materi pelajaran terus berkembang sesuai kemajuan IPTEK. Alumni 2003 Mesin Perkakas 1

22 11 2010
maryono

aku juga alumni bk.92…moga aja skarang smakin maju…

5 01 2011
Maryanto

Kagem para kadang ingkang kagungan alamat rencang – rencang kulo alumni SPG Bina Karya wonosari kawulo nyuwu, matur nuwun.
( kepada saudara – saudara yang punya alamat teman – teman alumni SPG Bina Karya saya minta informasinya terima kasih )

23 03 2011
Rievhal DJ

Tetap berkibar terus nama SMK-BK…kami yang berhasil atas apa yang kami dapat ilmu darimu…salam big brother..alumni 2001

2 07 2011
cahyono

aslamualaikum wr wb Salam buat alumni stm bk 2002

2 07 2011
cahyono

sekarang aku ber domisili di batam

18 08 2011
BAMBANG SUHERI

slm kompak sll stm bk 96.bambang suheri(gagoek nadi)

18 08 2011
BAMBANG SUHERI

angkatan96 stm bk pctn dmn aj.hub bambang suheri menadi. shindugagoek_pctn@yahoo.co.id

11 09 2011
joko susilo

hey aku tak ketinggalan pulak joko yg pinter n jago bahsa inggris kae lho….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: